Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing


Ilustrasi

Selamat Sore Para sahabat Operator

Salah satu permasalahan Verval NRG dan Verval Inpassing  saat ini di Layanan Simpatika Kemenag adalah Selalu gagal saat melakukan upload hasil scan SK (khususnya untuk verval Inpassing), dimana kejadian adalah salah satu kondisi yang banyak dialami oleh para PTK/GTK/GURU ataupun operator Baik saat mengunggah hasil scan SK Inmpassing saat Verval Inpassing maupun upload hasil scan Sertifikat Pendidik dan Ijazah terakhir saat Verval NRG di layanan Simpatika Kemenag. maka dengan itu ijinka saya akan menshare artikel Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing .

Dulu ketika baru dirilis Menu verval inpassing dan verval NRG saya mengerjakan menu kedua layanan tersebut dan ketika itu sangat lancar-lancar saja (tanpa ada kendala) akhirnya proses verval dan upload online lembaga saya sudah beres, tetapi akhir-akhir ini saya mendapatkan laporan atau curhatan ataupun Wadulan dari teman-teman operator tentang gagalnya upload barang bukti verval inpassing dan verval NRG di inbox facebook, Whatssapp, sampai HPku selalu berbunyi. 
Tapi itu semua saya landasi dengan ikhlas. semoga saja yang kuasa Allah SWT meridhoinya. seperti logo Kemenag itu sendiri (IKHLAS BERAMAL)
Baca Juga : PANDUAN CARA PENGAJUAN NRG DI SIMPATIKA BAGI GURU SERTIFIKASI YANG BELUM MEMILIKI NRG TAHUN 2016

Permasalahan Verval Inpassing maupun Verval NRG, memang mensyaratkan dan mewajibkan untuk mengunggah hasil scan SK (surat keputusan) dan Ijazah pendidikan terakhir. Disamping itu pula harus mengisi data pada form yang sesuai dengan SK yang diterimanya.


Yang jadi pertanyaannya adalah : Kenapa Upload SK atau ijazah Selalu Gagal ?
Ada tiga kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya kegagalan proses upload hasil pindai SK tersebut. Keempatadalah :


  • 1. Format, ukuran, dan resolusi gambar hasil scan SK dan ijazah
  • 2. Cache dan riwayat pada browser anda (penuh)
  • 3. Kekuatan dan sinyal internet anda
  • 4. Tidak dijinkan masuk secara normal (analisa pribadi)


Dari masing-masing hal penyebab itu, baru bisa kita tentukan cara penyelesainnya :
langsung saja kita bahas:

Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing 


Sesuai dengan kemungkinan penyebab yang telah disebutkan di atas, pastikan bahwa:

1. Format, Ukuran, dan Resolusi Gambar Hasil Scan Yang Benar adalah : 
Pastikan gambar hasil scan SK tersebut memenuhi persyaratakn sebagai berikut:
  • Berformat .JPG, .PNG, atau .JPEG tidak boleh berformat (.PSD, .TIF, GIF, Dll
  • Berukuran minimal 200 KB dan maksimal 1 MB. dan ingat tidak boleh melebihi 1 MB
  • Menggunakan resolusi 96 dpi.
  • Format Gambar. Saat melakukan scan pastikan gambar hasil scan tersimpan dalam format JPG, .PNG, atau .JPEG. Jangan menyimpan dalam bentuk berformat .PDF. Beberapa operator madrasah tampaknya masih bingung dan salah persepsi dengan upload gambar hasil scan SK Operator di situs Emis yang menggunakan format PDF. Sekali lagi, layanan Simpatika tidak pernah menggunakan gambar berformat PDF. Sejak awal, format gambar yang digunakan selalu JPG, PNG, dan GIF. Dan pengalaman pribadi (hasil scan kebanyakan berformat .PDF maka tugas bapak/ibu mengconverter menjadi format .JPG, .PNG, atau .JPEG dengan menggunakan software konverter PDF to JPG (bisa dicari di google.com)
Proses Rezise Gambar_infodinasdepag
Nanti setelah di klik Buttons OK >> klik Exit >> dan Simpan hasilnya
Ukuran Gambar. Ukuran gambar harus antara 200 KB hingga 1 MB. Jangan kurang dari 200 KB dan jangan lebih dari 1MB. Ada baiknya, saat melakukan scaning (pemindaian) memilih mode dokumen sehingga hasil scan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. 

Jika masih terlalu besar, perkecil dengan berbagai program pengolah gambar seperti Photoshop, Coreldraw, Paint, Ms Picture Manager (Microsoft Office 2007/2010/2013), ataupun lainnya.
Ini saya memakai microsoft Office Picture manager 2007


2. Bersihkan Cache Browser  yang anda gunakan : 

Cache browser (mozilla, Firefox, opera mini) not recomend (browser di hp android) bisa jadi menjadi salah satu masalah penyebab gagalnya upload gambar scan SK dan ijazah dalam layanan Simpatika Kemenag. dikarenakan cache, history dan script masih tersimpan dalam browser anda. 

Cara membersihkan cache browser dengan cara sebagai berikut.
Pada browser Google Chrome:
Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing


Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atas >> Alat Lainnya >> Hapus data penjelajahan >> Centang pada jenis informasi (terutama 4 jenis teratas) >> Hapus data penjelajahan Atau bisa cara cepet dengan menekan bersama pada keyboard (CTRL+Shift+Del)
Jika perlu, restart (tutup lalu buka lagi) browser Anda


Pada browser Firefox:
Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing
Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atas >> Advanced' atau 'Canggih'
>>'Network' atau 'Jaringan' Pada bagian 'Cached Web Conten' atau 'Konten Web Tembolok' klik '>>Clear Now' atau 'Bersihkan Sekarang' Atau bisa cara cepet dengan menekan bersama pada keyboard (CTRL+Shift+Del)
Jika perlu, restat (tutup lalu buka lagi) browser Anda
Jika masih bermasalah, atau kesulitan saat membersihkan cache browser, coba dengan menggunakan komputer lain.


3. Kekuatan dan Stabilitas Sinyal Internet

Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing

Biasanya Sinyal yang kurang kuat atau tidak stabil dapat mengakibatkan proses gagal upload. Pastikan sinyal internet Anda mencukupi dan stabil. biasanya sinyal kuat adalah sinyal yang tercakup  3G atau HSDPA. Saran saya pastikan anda langganan internet yang kuat (contoh langganan speedy telkom)


4.  Tidak dijinkan masuk secara normal (analisa pribadi) ada browser anda.
Ini adalah langkah terakhir jika langkah dari point 1 sampai 3 masih belum juga berhasil. Maka menggunakan Fungsi New Incognito Window pada browser anda . New Incognito Window sendiri adalah memungkinkan pengguna dapat berselancar tanpa meninggal jejak kan history karena bersifat tersebumyi (private), sehingga pengguna tidak akan meninggalkan histrory dan cache dan cookies


Untuk menggunakan New Incognito Window pada chroom silahkan  menekan bersama pada keyboard (CTRL+Shift+N)
Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing
New Incognito Window_infodinasdepag

Untuk menggunakan New Incognito Window pada firefox silahkan  menekan bersama pada keyboard (CTRL+Shift+P)
Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing
New Private Window_infodinasdepag



Setelah anda masuk pada New Incognito Window atau New Private Window . silahkan anda login ke layanan simpatika kemenag, dan lakukan upload scan SK dan Ijazah pada verval NRG ataupun Verval Inpassing
Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing
Proses menu New Incognito Window Pada Google Chroom_infodinasdepag


Itulah beberapa kemungkinan penyebab terjadinya gagal upload SK di layanan Simpatika. Dan solusi untuk mengatasi kendala gagal upload SK. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan PTK/GTK/GURU atau Operator Madrasah, dan Kepala Madrasah dalam layanan simpatika kemenag online.

Baca juga : PROGRAM INPASSING GURU MADRASAH BUKAN PNS TAHUN 2016

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan Informasi Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing . Kalau ada pertanyaan seputar inpassing silahkan komen dibawah. Kalau bisa InshaAllah Saya akan bantu. Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Solusi Permasalahan : Selalu Gagal Upload Hasil Scan SK dan ijazah Pada verval NRG dan Inpassing "

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL. alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya sudah keluar, jadi teman2 jangan pernah putus asah kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya IBU WINDA posisi sekarang di malaysia
      bekerja sebagai ibu rumah tangga gaji tidak seberapa
      setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
      sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
      sempat saya putus asah dan secara kebetulan
      saya buka FB ada seseorng berkomentar
      memberanikan diri karna sudah bingun
      saya minta angka sama AKI NAWE
      angka yatentang AKI NAWE katanya perna di bantu
      melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
      karna di malaysia ada pemasangan
      jadi saya ng di berikan 6D TOTO tembus 100%
      terima kasih banyak AKI
      kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
      rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
      bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
      terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
      jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL tak ada salahnya anda coba
      karna prediksi AKI tidak perna meleset
      saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

      Delete
  2. Mas, nanya nih, saya juga ngalamin gagal upload dokuken di beasisw Mora pendis.kemenag.go.id padahal udah sesuai dokumen yg sya upload, Format hrus PDF udah, sizenya pun skita 300 kb rata2.. Ko masih ga bisa sya smua cata diatas udah saya pake..mohom bantuanny

    ReplyDelete
  3. Mas, nanya nih, saya juga ngalamin gagal upload dokuken di beasisw Mora pendis.kemenag.go.id padahal udah sesuai dokumen yg sya upload, Format hrus PDF udah, sizenya pun skita 300 kb rata2.. Ko masih ga bisa sya smua cata diatas udah saya pake..mohom bantuanny

    ReplyDelete

Silahkan kalau ada pertanyaan, ketik di kolom komentar !
Terimakasih sudah berkunjung sebelumnya.